10 Jumlah Negara ASEAN

Diposting pada

10 Jumlah Negara ASEAN yaitu negara yang terletak dikawasan Asia Tenggara. ASEAN dalam bahasa Inggris adalah Association of Southeast Asian Nations jadi dalam bahasa Indonesia adalah Assosiasi Negara Asia Tenggara.10 Jumlah Negara ASEAN

Dalam pelajaran anak sekolah pertanyaan ini sering muncul. Sebutkan anggota negara ASEAN. Dalam pelajaran SD jaman dulu belum ada, tapi sepertinya di jaman sekarang sudah ada. Pertanyaan diatas dan pelajaran diatas muncul pada saat SMP dan SMA.

Biasanya para guru menyuruh menghafalkan anggota negara ASEAN karean sering muncul pada soal ujian. Jadi untuk itu sebaiknya jumlah negara anggota ASEAN sebaiknya dihafalkan dengan baik. Kamu bisa menghafalkannya dengan cara membuat semacam lagu. Sehingga kalau pas ujian kamu bisa dengan murah menjawab semua jumlah negara ASEAN.

Berikut ini adalah 10 Anggota Negara ASEAN

  1. Indonesia
  2. Malaysia
  3. Brunai Darussalam
  4. Laos
  5. Vietnam
  6. Thailand
  7. Singaopre
  8. Nyanmar
  9. Kamboja

Negara yang terdekat dikawasan ini adalah Timor Leste dan Papua Nugini. Tapi kedua negara belum termasuk anggota ASEAN. Walaupun pada prakteknya Timor Leste sudah sering ikut dalam kegiatan negara ASEAN. Seperti kegiatan dalam berbisnis dan yang paling sering kita lihat adalah kegiatan Olah Raga.

Ke Depan, kemungkinan anggota ASEAN akan terus bertambah. Negara-negara yang kemungkinan akan bergabung dengan Negara ASEAN adalah:

  • Timor Leste
  • Bangladesh
  • Palau
  • Papua Nugini

Kerjasama negara ASEAN banyak dilakukan dalam berbagai bidang. Hal ini diperkuat lagi menjadi MEA, yaitu masyarakat ekonomi Asean. Berikut ini adalah negara anggota MEA. Saat ini jumlah negara ASEAN dan Jumlah Anggota MEA sama.

Tujuan Utama dibentuknya ASEAN adalah:

  1. Meningkatkan dan Mempercepat pertumbuhan Ekonomi, Sosial, Budaya antar sesama Anggota
  2. Menjaga Perdamaian dan stabilitas dikawasan ASEAN
  3. Saling Membantu dalam bidang sosial, ekonomi,teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi
  4. Bekerjasama dalam meningkatkan pendidikan, latihan, penelitian dalam Kawasan ASEAN
  5. Menjalin hubungan yang lebih erat ditengah organisasi regional dan international

Pada dasarnya semua Anggota ASEAN adalah negara berkembang. Anda mungkin sudah sering mendengar dan menonton SEA Games. Dimana SEA Games dilaksanakan setiap 2 tahun. Ingat SEA Games berbeda dengan ASIAN Games. SEA games hanya beranggotan negara ASEAN.

Dalam SEA Games Timor Leste sudah ikut dalam ajang olahraga ini. Tapi dalam ke anggotaan ASEAN belum termasuk. Tapi hal ini mungkin tidak akan lama lagi, mereka akan segera masuk dalam anggota ASEAN.

Kantor Negara ASEAN berada di Jakarta, Jalan Sisingamangaraja No. 70A Jakarta Selatan, Indonesia. walaupun berkantor di Indonesia bahasa pengantar setiap harinya menggunakan bahasa Inggris.

Itulah sekilas tentang jumlah negara ASEAN dan tujuan utama dibentuknya ASEAN yang di deklasikan pada Tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok Thailand.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *