Faktor-Faktor Dalam Pemilihan Busana

Diposting pada

Faktor-faktor dalam pemilihan busana, hal ini harus kita perhatikan, banyak orang tidak begitu peduli dengan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pemilihan busana. Sebenarnya hal ini sangat penting. Sehingga apa yang kita pakai dalam acara tertentu. Seperti acara pesta, sedang bersantai, atau pakaian untuk bekerja. Bisa sesuai dengan kepribadian kita.

Enak di lihat, nyaman kita pakai, cocok dengan postur tubuFaktor-faktor dalam pemilihan busanaFaktor-faktor dalam pemilihan busanah, selaras dengan antara baju dan celak/rok bahkan dengan asesoris yang kita pakai. Faktor-faktor tersebut harus kita pertimbangkan.

Sebenarnya, gaya berbusana kita adalah hak pribadi yang tidak seorangpun tidak boleh melarangnya. Tetapi karena kita adalah marhluk sosial yang punya empati dan terbuka dengan hal-hal baru. Maka mau tidak mau dan harus mau. Kita harus mengikuti kebiasaan atau trend yang sedang berlangsung.

Dalam berbusana kita perlu menyesuaikan busana dengan bentuk tubuh, warna kulit, kepribadian, jenis kelamin dan lain sebagainya.

Kesalahan dalam memilih busana akan berakibat fatal bagi sipemakai. Karena busana yang semula diharapkan dapat mempercantik diri dan dapat menutupi kekurangan tidak terwujud. Bahkan kadang-kadang kekurangan tersebut terlihat semakin menonjol.

Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan di atas, dalam memilih busana ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, baik faktor individu maupun faktor lingkungan. Berikut ini akan di jabarkan Faktor-faktor dalam pemilihan busana. Sehingga anda dapat memilih dan menggunakan busana anda dengan tepat.

Adapun yang menyangkut faktor individu seperti :

  • Bentuk tubuh
  • Umur
  • Warna kulit
  • Jenis kelamin dan kepribadian

Sedangkan yang menyangkut faktor lingkungan adalah : waktu, kesempatan dan perkembangan mode. Untuk lebih jelasnya akan diuraikan sebagai berikut :

Faktor Lingkungan

Dalam memilih busana, perlu dipertimbangkan keserasian dengan lingkungan, baik lingkungan masyarakat tempat tinggal, maupun lingkungan tempat bekerja.

Faktor lingkungan ini sangat besar sekali pengaruhnya dengan kehidupan kita sehari-hari. Untuk itu kita senantiasa berusaha agar selalu diterima oleh lingkungan, antara lain dengan memakai busana yang serasi. Untuk menciptakan busana yang serasi banyak faktor yang harus diperhatikan, tetapi keserasian berbusana yang berkaitan dengan lingkungan adalah sebagai berikut:

A. Waktu

Berbusana mengingat waktu berarti memperhitungkan pengaruh sinar mata hari. Keadaan pada waktu-waktu tertentu membawakan suasana yang berbeda-beda. Di pagi hari udara sejuk suasana tenang, di siang hari udara panas suasana sibuk, di malam hari udara dingin suasana tenang.

Suasana inilah yang mungkin harus dijadikan dasar pertimbangan dalam pemilihan busana. Misalnya busana untuk siang hari, warna-warna yang panas atau menyolok haruslah dihindari, agar tidak mengganggu orang yang melihatnya.

Dengan kata lain tidak semua busana dapat dipakai untuk setiap waktu dan semua kesempatan. Karena kesempatan yang berbeda menuntut pula jenis busana yang berlainan. Jadi setiap individu tidak hanya dapat memiliki satu atau dua jenis busana saja. Tetapi harus disesuaikan dengan aktifitas masing-masing mereka. Semakin banyak kegiatan seseorang.

Maka beraneka ragam pulalah busana yang dibutuhkan, karena keadaan pada waktu tertentu membawakan suasana yang berbeda-beda sesuai dengan waktu dan kesempatan masing masing, baik di rumah, dikantor, disekolah, dilapangan olah raga, berpesta dan lain sebagainya.

B. Kesempatan

Berbusana menurut kesempatan berarti kita harus menyesuaikan busana yang dipakai dengan tempat ke mana busana tersebut akan kita bawa, karena setiap kesempatan menuntut jenis busana yang berbeda, baik dari segidesain, bahan maupun warna dari busana tersebut.

Berbusana menurut kesempatan berarti kita harus menyesuaikan busana yang dipakai dengan tempat kemana busana tersebut akan kita pakai. Karena setiap kesempatan menuntut jenis busana yang berbeda. baik dari segidesain, bahan, maupun warna dari busana tersebut. Berikut ini dapat kita lihat pengelompokan busana menurut kesempatan antara lain :

1). Busana Sekolah

Desain busana sekolah untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), ditentukan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Untuk pria terdiri dari celana dan blus dengan kerah kemeja, untuk wanita rok lipit searah untuk SD, rok dengan dua lipit hadap pada bagian muka, rok dengan satu lipit hadap pada tengah muka untuk SLTA. Warna merah tua untuk SD, warna biru untuk SLTP, dan warna abu-abu untuk SLTA. Ada kalanya model dan warna busana sekolah ditentukan sendiri oleh pihak sekolah masing-masing.

Demikian pembahasan tentang Faktor-faktor dalam pemilihan busana. Semoga bermamfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *