Genset 10 KVA Rumah Tangga

Genset 10 KVA Rumah Tangga sebenarnya sangat banyak genset berdasar listrik yang bisa dihasilkan mulai dari puluhan kva, hingga ribuan kva, kva adalah kilo volt ampere. Jadi 10 kva = 10.000 Volt Ampere.

Jadi kalau genset dengan kapasitas 10.000kva = 80.000kw (kilo watt). KVA satuan yang digunakan oleh PLN untuk mengukur kapasitas genset atau sumber daya listrik. Perbandingannya sama dengan 1kva = 0,8kw. Begitu rumus simplenya.

Genset 10 KVA Rumah TanggaYang berarti sebuah genset dengan 10kva =80.000 kw. Hal ini berlaku untuk semua genset.

Di Indonesia pengguna genset sangat banyak, mulai dari puluhan kva hingga ribuan kva. seperti baru-baru ini di Pulau Nias, terjadi krisis listrik, sehingga puluhan genset di bawa kesana untuk memenuhi permintaan atau kebutuhan masyarakat Nias.

Berikut ini istilah yang sering digunakan pada genset:

  • 3-phase dan 1-phase
    Tergantung dari kebutuhan pengguna (instalasi PLN pengguna), ada sistem 3-phase dan 1-phase. Harap konfirmasi kembali ke instalasi PLN Anda.
  • Silent atau Open Type
    Genset biasa dipaket dengan 2 tipe, yaitu Silent dan Open Type. Silent berarti genset telah dibungkus dengan kotak yang telah dipasang peredam, sehingga suara yang dihasilkan tidak bising. Open Type berarti genset tidak dibungkus oleh peredam.
  • Prime dan Standby Rate
    Prime rate adalah kapasitas genset yang bisa dikeluarkan maksimum di pemakaian normal.
    Standby rate adalah kapasitas genset yang bisa dikeluarkan maksimum pada pemakaian overload (tidak boleh terlalu sering, kalau tidak genset akan rusak).
  • Panel AMF / ATS
    AMF sendiri artinya adalah Automatic Main Failure. Yang fungsi nya adalah menghidupkan / mematikan genset secara otomatis dengan sinyal dari luar.ATS sendiri artinya adalah Automatic Transfer Switch. Yang fungsi nya adalah mentransfer sumber catu daya dari PLN menuju genset apabila PLN mati.Apabila digabungkan, panel AMF / ATS akan secara otomatis menghidupkan / mematikan genset (fungsi dari AMF) dan mentransfer catu daya dari PLN ke genset atau sebaliknya (fungsi dari ATS) ketika PLN mati / hidup kembali.
  • Kabel Power
    Kabel power adalah kabel yang digunakan untuk mengkonek antara genset dengan PLN. Kabel yang digunakan harus cukup tebal, karena akan mengandung arus yang cukup tinggi.

Nah, semakin besar kVA sebuah genset maka harga genset tersebut semakin mahal. Tapi harga genset tidak hanya faktor KVA saja, bisa juga Merk, Kwalitas, dan biasanya genset silent lebih mahal dari genset open type. Nah, berikut ini genset 10 kva yang bisa anda baca.

Artikel Menarik Lainnya:
Tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *