Jual Kemenyan Dolok Sanggul

Jual Kemenyan Dolok Sanggul. Kemenyan atau Styrax benzoin yang tumbuh pada dataran tinggi ini pernah jadi tanaman primadona di masyarkat Sumatera utara. Khususnya masyarakat Tapanuli. Sekarang nasih para petani telah berubah. Mereka sudah mulai meninggalkan tanaman kemenyan ke tanaman lain. Seperti bertani palawija, kopi dan tanaman lainnya.

Para petani kemenyan yang berasal di Sumatera utara kini telah merubah tanaman mereka menjadi tanaman lain. Karena harga kemenyan yang tidak sesuai dengan jerih payah mereka. Kalau jaman dulu kemenyan bagai emas. Tapi bagi petani harga kemenyan yang tinggi hanya mimpi. Bagaimana tidak jika dibandingkan dengan kenaikan harga barang maka harga kemenyan jauh dibawah.Jual kemenyan dolok sanggul

Kami melayani pembelian kemenyan secara eceran, (kiloan atau ton). Dapat dikirim ke seluruh Indonesia atau keluar negeri. Hubungi kami untuk informasi lebih lengkap.

Sebagai petani kemenyan, penghasilan dari kemenyan tidak dapat mencukupi biaya hidup setiap harinya. Karena bertani kemenyan memang hanya bisa panen setahun sekali. Sementara hasil panen tidak mencukupi. Jadi hasil dari kemenyan hanya mencukupi beberapa bulan saja. Yang artinya bertani kemenyan hanya sebagai tambahan saja.

Sekarang ini yang jual kemenyan putih dengan kwalitas nomor satu sudah berkurang drastis. Seiring semakin berkurangnya luas tanaman kemenyan. Perlahan tapi pasti tanaman kemenyan sudah mulai di tinggalkan oleh masyarakat tapanuli. Khususnya masyakat Tapanuli Utara dan Petani kemenyan Humbang Hasundutan.

Jual Kemenyan Dolok Sanggul Eceran

Jual Kemenyan Dolok Sanggul, Jika dilihat pada 30 dekade terakhir. Masyarakat Tapanuli masih berbondong-bondong mengurus kemenyan mereka ke hutan untuk menyiangi dan mengurus kemenyan mereka. Bisa 1 minggu hingga 2 minggu di hutan untuk mengurus tanaman kemenyan mereka. Para petani sudah mulai beralih ke tanaman kopi, seperti Dolok sanggul Coffe yang lebih menjanjinkan.

Beberapa penyebab para petani mulai meninggalkan tanaman ini adalah:

  1. Harga kemenyan yang tidak sesuai dengan jerih payah
  2. Adanya tanaman lain sebagai alternatif lebih mudah diurus
  3. Tidak mendapatkan duit dengan segera dari kemenyan
  4. Terlalu banyak membutuhkan tempat (lokasi)
  5. Tidak adanya inovasi agar kemenyan dapat di olah dilingkungan petani, sehinga petani tidak mendapatkan nilai tambah
  6. Kurangnya dukungan pemerintah
  7. Harga kemenyan tidak diatur oleh pemerintah tapi diatur para pedagang besar.
  8. Pengelolaan kemenyan yang masih sangat sederhana.

Dengan alasan diatas, maka hampir pasti tanaman kemenyan akan di tinggalkan masyarakat Tapanuli. Dimana kemenyan yang berasal dari Tapanuli adalah kemenyan yang paling baik di seluruh dunia.

Saat ini para petani kemenyan di Tapanuli mengurus kemenyan mereka jika ada waktu luang saja. Salah satu tempat penjual kemenyan yang bisa jadi referensi di sumatera utara adalah jual kemenyan putih mereka dapat melayani pembelian dari seluruh Indonesia
Jual kemenyan dolok sanggul

Artikel Menarik Lainnya:
Tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Jual Kemenyan Dolok Sanggul

  1. Abdul aziz says:

    Saya ingin informasi tempat dan kontaknya
    Saya mau beli partai besar
    Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *