Kebaya Kartini Modern

Kebaya Kartini ModernKebaya Kartini Modern adalah busana yang biasa digunakan wanita jawa pada jaman dulu, normalnya setiap wanita jawa berpakaian kebaya setiap hari, Tokoh wanita atau biasa disebut tokoh emansipasi wanita Indonesia. Ibu Kartini lahir dengan Nama Raden Ajeng Kartini, sebagai putri seorang bangsawan Kartini selalu mengenakan kebaya jawa yang panjang dari atas hingga ke bawah.

Busana atau kebaya Kartini lah yang melekat hingga sekarang, untuk panggilan kebaya Jawa, karena nama kartini dengan kebaya begitu melekat, sehingga orang mengenal kebaya jawa dengan kebaya kartini. Sebenarnya kebaya Kartini adalah Kebaya Jawa klasik, yang berwarna agak gelap dan panjang dari atas hingga kebawah. Sesuai tradisi Jawa pada waktu itu, anak gadis dan anak seorang bangsawan harus mengenakan pakaian yang sopan.

Perkembangan Menjadi Kebaya Kartini Modern

Kebaya Kartini ModernKartini di kenal sebagai tokoh terpelajar yang berjuang mengangkat harkat martabat wanita Jawa pada khususnya (Pada jaman penjajahan), Pada saat itu, wanita di larang bersekolah secara resmi ke sekolah seperti sekarang ini. Tetapi dengan ke teguhan hati Ibu Kartini, beliau nekat tetap bersekolah, dan telah meninggalkan sesuatu yang amat berharga bagi bangsa Indonesia terutama kaum Hawa.

Saking terkenalnya nama Kartini yang selalu mengenakan kebaya Jawa, maka kebaya Jawa seakan berubah jadi sebuah brand dengan nama Kebaya Kartini. Kebaya Kartini telah banyak mengalami perubahan dari waktu ke waktu, sehingga sekarang ini orang menyebut kebaya kartini denga kebaya Kartini Modern, Iya hal jelas terlihat dari semakin beragamnya corak dan warna serta asesoris yang menghiasi kebaya ala Kartini.

Setiap tanggal 21 April di Peringati sebagai hari Kartini, hari emansipasi wanita, dan setiap wanita di negeri ini berdandan ala Kartini. Kita Patut bersyukur telah pernah memiliki Seorang berpikiran maju dan Pendobrak ketidakadilan, yang menyalakan cahaya baru kepada kaumnya. (wanita Indonesia). Hidup wanita Indonesia.

Kebaya Kartini Modern, Ibu Kartini tokoh wanita Indonesia yang paling tersohor di Jamannya, Kartini sudah melekat dengan busana Kebaya, sehingga nama kebaya pun di sebut Kebaya Kartini. Wanita kelahiran 21 April 1879 di Jepara, lahir di lingkungan Bangsawan Jawa. Saat ini disebut kebaya kartini modern karena sudah di modifikasi atau banyak penambahan, seperti bordir, dll. Sekarang kebaya kartini modern banyak di jual pada toko kebaya bordir online dan bisa dikirim kemana saja.

Artikel Menarik Lainnya:
Tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *