Kopi Lintong Nihuta Humbang Hasundutan
Kopi Lintong Nihuta Humbang Hasundutan

Kopi Lintong Nihuta Humbang Hasundutan

Diposting pada

Kopi Lintong Nihuta Humbang Hasundutan. Lintong nihuta adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Humbang Hasundutan. Setelah Kabupaten Tapanuli Utara di mekarkan maka Kecamatan Dolok Sanggul di bagi-bagi menjadi beberapa kecamatan.

Kabupaten Humbang hasundutan adalah salah satu penghasil kopi yang sangat baik di Sumatera. Bahkan saat ini kopi lintong sudah dijual gerai kopi terkenal seperti Starbucks dan gerai terkenal lainnya.

Kawasan Humbang Hasundutan yang terletak dikawasan pegunungan mengahasil biji kopi yang terbaik. Di kelola secara konvensional sehingga menghasilkan kematangan kopi yang maksimal. Sehingga rasanya sangat enak mirip dengan rasa coklat.

Yang jadi sedikit rancu adalah rasa kopi Lintong Nihuta dan kopi dari kecamatan lainnya di kabupaten Humbang sama saja. Terdapat 10 kecamatan di Kabupaten Humbang Hasundutan hanya kecamatan Bakti Raja saja tidak mengandalkan kopi sebagai komoditi utama.

Harga Kopi Lintong Nihuta

Saat ini harga kopi lintong Nihuta dan tidak mahal jika dibandingkan dengan harga jual kopi di Starbucks. Pada tingkat petani bahkan terbilang sangat murah. Untuk mendapatkan harga murah anda bisa datang langsung ke Kabupaten Humbang Hasundutan langsung ke petani

Harga kopi di tingkat petani berkisar antara Rp. 20.000,- s/d Rp. 30.000,- per KG. Walaupun dengan harga seperti itu tapi sudah sangat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat di kawasan ini.

Karakter Kopi Lintong Nihuta
Seperti yang sudah disebutkan diatas hampir semua di kabupaten Humbang Hasundutan adalah penghasil kopi. Seluruh kawasan Humbang adalah dataran tinggi. Kopi ditanam diberbagai tempat bahkan dibelakang rumah petani. Biasanya para petani melakukan tumpang sari sehingga aroma kopi bisa berbeda-beda.

Kopi ditanam dan dikelola secara tradisional semuanya dilakukan dengan cara manual. Sehingga para petani memilih biji kopi yang sudah matang maksimal. Hampir semua kopi di humbang adalah kopi Arabika. Rasanya lebih lembut dan gurih. Para pecinta kopi tidak akan mules kalau mengkonsumsi kopi yang berasal dari Humbang Hasundutan.

Biji Kopi Lintong Nihuta Humbang Hasundutan
Biji kopi yang berasal dari Humbang Hasundutan seperti kacang. Sehingga sering dikategorikan dengan kopi kacang. Bijinya tidak besar warnanya mirip kacang. Nama kopi yang ditanam di Humbang kebanyakan dengan nama “Sigarar Utang”. Kopi ini bisa produksi hanya dalam satu tahun. Tapi dalam 5-8 tahun tanaman kopi harus diganti karena tidak produktif lagi.

Nama Kopi Lintong Nihuta Humbang Hasundutan

Penamaan kopi Lintong Nihuta sebenarnya kurang tepat. Karena Lintong Nihuta hanya sebuah kecamatan di Kabupaten Humbang Hasundutan. Sementara aroma dan rasa kopi di Humbang Hasundutan hampir sama. Jadi nama yang paling tepat untuk adalah “Kopi Humbang Hasundutan”. Nama Kopi humbang hasundutan akan mengangkat semua petani kopi secara keseluruhan di humbang.

Kopi Humbang Hasundutan
Kopi Humbang Hasundutan

Biasanya para petani mengumpulkan kopi seminggu 2 kali. Pada hari kamis atau jumat dijual ke pengumpul. Hampir semua kopi yang dihasilkan oleh petani kopi di Humbang Hasundutan langsung dikirik pabrik. Hanya sebagian kecil saja yang langsung dikirim ke gerai penjual kopi modern.

Humbang Hasundutan adalah kabupaten yang terletak disebelah Utara Danau Toba. Kabupaten Humbang Hasundutan berdampingan langsung ke Danau Toba. Kecamatan yang bersinggungan langsung dengan Danau Toba adalah Kecamatan Bakti Raja.

Jadi tidak tertutup kemungkinan ribuan tahun yang lalu kawasan Humbang adalah bekas guguran bebatuan dan larva gunung Toba Purba. Para petani kopi di kawasan Humbang masih bertani secara tradisional. Itulah sekilas tentang kopi Lintong nihuta Humbang Hasundutan. Jika ada butuh kopi yang berasal dari Humbang Hasundutan anda bisa menghubungi saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *