Nama-Nama Kopi Di Sumatera Utara

Nama-Nama Kopi Di Sumatera Utara, Kopi telah menjadi komoditas dari Sumatera utara, apalagi pada jaman sekarang produksi hasil pertanian kopi semakin meningkat. Negara kita telah menjadi penghasil kopi terbesar nomor 5 didunia. Sekarang ini Dolok sanggul coffee lagi naik daun, kopi ini mulai dirambah dan dibeli para tengkulak agar dijual para petani ke berbebagai ke negara.

Berikut ini adalah nama-nama kopi yang ada di Sumatera utara:
1. Kopi Lintong
2. Kopi sigarar utang
3. kopi Sidikalang
4. Kopi Karo
5. Kopi Mandailing

dolok sanggul coffeMungkin masih ada nama kopi lainnya di Provinsi Sumatera Utara. Khususnya dolok sanggul coffee, kopi ini agak berbeda dengan kopi dari daerah lain di Sumatera utara karena di tanam pada ketinggian 2100 m DPL. Sehingga aromanya harum dan enak.

Dolok Sanggul Cofee Salah satu Kopi Di Dolok Sanggul

Dolok Sanggul Coffee ditanam dengan cara sederhana dan organik sehingga sangat diminati warga negara asing. Maka tidak heran kopi yang berasal dari Dolok sanggul lebih banyak dijual ke negara asing atau keluar negeri.

Dolok sanggul adalah ibukota kabupaten Humbang Hasundutan, yang telah di mekarkan dari kabupaten Tapanuli Utara. Sekarang ini pemerintah daerah sedang giat-giatnya membangun kawasan ini dari sektor pertanian. Terutam kopi, maka disebutlah kopi yang berasal dari Dolok sanggul adalah Dolok sanggul coffee. Kopi ini mulai terkenal sejak 15 tahun lalu. Dari situlah maka muncul nama-nama kopi lainnya di Sumatera utara.

Sumatera utara memang bukan penghasil kopi terbesar di Indonesia, tapi paling tidak kopi yang berasal dari Sumatera utara termasuk salah satu yang paling diminati di negara Eropa. Maka tidak heran Dolok sanggul Coffe lebih banyak dijual keluar negeri.

Dolok sanggul coffee adalah kopi arabika yang dibawa dan ditanam oleh Belanda ke Indonesia, dan sekarang ini menjadi tanaman masyakarat. Yang pada awalnya digunakan untuk keperluan rumah tangga saja atau untuk diminum keluarga saja. Tapi seiring besarnya permintaan maka mulai dikembangkan menjadi agak besar. Dan di jual ke berbagai negara.

Dolok sanggul coffee hampir mirip dengan kopi sidikalang, tapi karena zat yang terkandung ditanahlah yang membedakan rasa kopi.

Artikel Menarik Lainnya:
Tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *