Oleh Oleh Khas Purwakarta

Oleh Oleh Khas Purwakarta Kabupaten Purwakarta Berbatasan dengan Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur. Di antara Kabupaten ini, maka Purwarkata adalah pusat perlintasan dalam hal angkutan umum. 

Oleh-Oleh Khas PurwakartaPurwakarta adalah sebuah kabupaten dari Provinsi Jawa Barat, Purwakarta adalah perlintasan Jakarta Bandung dan Jakarta – Cirebon. Sehingga Kota Purwakarta menjadi sangat ramai baik dengan Bus Angkutan antar Provinsi maupun Truk yang akan mengantarkan barang dari Jakarta ke Cirebon, Jawa.

Seperti Gula Cikeris, Colenak, Manggis atau Manggu, Ranginang Ketan Hitam, Opak, Peuyeum bendul, Simping Kaum, Sate Maranggi, Sebenarnya selain itu masih banyak oleh oleh khas Purwakarta.

Sehingga, tidak heran kalau Purwakarta selalu di Penuhi oleh Truk dan Angkutan (bus) antar Provinsi.

Situasi ini di mamfaatkan oleh penduduk setempat untuk menjajakan atau menjual oleh oleh khas purwakarta atau hasil bumi lainnya kepada para penumpang bus atau sopir truk atau angkutan umum.

Penjual Oleh Oleh Khas Purwakarta

Para Penjual oleh-oleh biasanya buka 24 jam sehingga sangat mudah untuk mendapatkan oleh-oleh khas purwakarta.

Berikut ini adalah sebagian oleh oleh Khas Purwakarta dan dibuat dari apa:

  • Opak
    Opak dibuat dari tepung beras, bahan lainya adalah Gula, Garam dan penyedap lainnya, Opak mengandung banyak karbohidrat. Cara membuatnya: Beras yang sudah dihaluskan dibuat menjadi adonan kemudian di bakar/dipanggang dengan bara api.
  • Sate Maranggi
    Sate Maranggi memiliki ciri khas dari sate lainnya, Sate Maranggi memiliki rasa asam, asin, pedas, di olah dengan mencampur berbagai jenis bumbu sehingga rasanga sangat khas.
  • Gula Cikeris
    Gula Cikeris terbuat dari Gula Aren dan di campur dengan Kelapa kemudian dibungkus dengan pelepah jagung, tapi bisa juga di campur dengan makanan lain tergantung kreatifitas pembuatnya.
  • Simping kaum
    Simping kaum adalah salah satu oleh oleh favorit di purwakarta, memiliki rasa yang berbeda-beda, berbentuk bulat, enak dan gurih.

Selain itu, masih banyak oleh oleh favorit lainnya yang berasal dari Purwarta atau kawasan daerah tersebut seperti Tape/Peuyem, Nanas, Manggis, Duku, dan berbagai hasil bumi lainnya.

Tempat wisata yang paling terkenal di Purwakarta adalah bendungan atau waduk Jatiluhur, salah satu waduk terbesar di Indonesia. Dan digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik.

Kawasan Jatiluhur menjadi tempat wisata dan salah satu andalan wisata Kabupaten Purwakarta, selain menikmati keindahan daerah tersebut. Para pengunjung dapat menikmati berbagai menu yang terbuat dari Ikan Segar.

Selain itu, Purwakarta terkenal juga dengan industri tekstilnya. Sangat banyak baju-baju bagus, kebaya juga dan harga murah yang berasal dari Purwakarta.

Melihat Potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Purwakarta, harusnya masyarakatnya makmur dan sejahtera. Demikian Artikel tentang oleh oleh khas Purwakarta.

Artikel Menarik Lainnya:
Tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *