Atap Galvalum Atau Rangka Atap Baja Ringan

Atap Galvalum Atau Rangka Atap Baja Ringan, jaman sekarang rumah dirangki dengan baja, terutama atap. Kalau jaman dulu atau di pedesaan atap atau rangka atap masih terbuat dari kayu, bambu maka jaman sekarang sudah diganti menjadi bahan baja, atau yang biasa disebut Atap Galvalum atau atap baja ringan. Atap baja ringan memang memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan bahan yang terbuat dari bahan alami seperti kayu, bambu.

Berikut ini adalah kebihan jika menggunakan Atap baja ringan atau Atap Galvalum:

  • Lebih Awet
  • Tidak dimakan rayap
  • Lebih cepat pemasangannya
  • Jaman sekarang harganya lebih murah jika dibandingkan harus beli kayu (diperkotaan)
  • Zincalum bersifat tidak merambatkan atau membesarkan api (non combustible), hal ini karena dalam material zincalum terdapat sistem perlindungan khusus yang disebut dengan “Fire Resistance”.
  • Material zincalum tidak mempunyai nilai muai susut seperti halnya pada kayu.
  • Atap Galvalum lebih efisien dan ekonomis, karena tidak memerlukan perawatan khusus dan mempunyai daya tahan yang cukup lama dibandingkan dengan material kayu.

Kekurangan dari Atap Galvalum yaitu:

  • Sistem Pemasangan Rangka Atap Galvalum lebih rapat, sehingga terlihat kurang menarik jika tidak ditutupi dengan plafon.
  • Diperlukan keahlian khusus dalam proses perakitan dan pemasangannya.
Atap Galvalum Atau Rangka Atap Baja Ringan

Atap Galvalum Atau Rangka Atap Baja Ringan

Tehnologi ini sudah mulai ramai sejak tahun 1990an, exploitasi hutan dan kayu menjadi masalah besar, sehingga para pengembang mengadopsi teknologi dari negara asing yang tidak memiliki hutan atau pohon yang banyak, yang menggunakan baja ringan sebagai kerangka atap.

Biasanya perhitungan Atap Galvalum Atau Rangka Atap Baja Ringan berdasarkan luas rumah, dapat dihitung dengan sangat mudah. Karena rangka ini bisa langsung di potong tempat pembelian baja ringan atau atap galvalum. Dan sudah dilengkapi dengan ring dan baut, sehingga pemasangannya sangat cepat.

Atap Galvalum Atau Rangka Atap Baja Ringan Lebih Awet

Untuk anda yang ingin membeli Atap Galvalum Atau Rangka Atap Baja Ringan, jangan membeli atap yang terlalu ringan/tipis, sebab saya sudah pernah melihat sebuah atap yang sedang dibangun roboh karena tidak kuat menahan beban genteng. Walaupun baja, kalau terlalu tipis dauh pasti tidak kuat menahan beban yang berat. Genteng adalah material beban yang cukup berat. Jika sebuah Genteng beratnya 1kg dan anda menggunakan genteng sebanyak 5000 buah, maka itu berarti beban atap anda 5 ton, itu bukan beban yang ringan.

Jadi jangan terlau mudah tergiur dengan Atap Galvalum Atau Rangka Atap Baja Ringan yang murah, tapi sebaiknya anda teliti dengan baik. Apakah Atap Galvalum Atau Rangka Atap Baja Ringan terlalu tipis? karena akan beresiko dikemudian hari.

Untuk anda yang membeli rumah jadi, sebaiknya memeriksa rangka atap rumah anda, apalagi yang masih rumah baru, yang belum teruji, maka di periksa dulu, karena memang atap baja ringan yang terlalu tipis bisa roboh. Untuk anda yang ingin membangun rumah baru, sebaiknya memang menggunakan Atap Galvalum Atau Rangka Atap Baja Ringan.

Tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *