Menukarkan Mata Uang Asing Di Indonesia

Menukarkan Mata Uang Asing Di Indonesia seperti misalnya Uang Turkmenistan atau mata uang negara asing yang tidak populer di dunia. Karena terlalu sayang untuk dibuang dan juga uang tersebut sebenarnya memiliki nilai yang lumayan jika di rupiahkan.Menukarkan Mata Uang Asing Di Indonesia

Seperti baru-baru ini teman bertanya, kemana saya harus menukarkan uang Turkmenistan? Saya sudah coba menukarkan ke Money Changer tapi di tolak. Kebetulan Nilai uang tersebut 500. Kalau di kompersi ke rupiah cukup lumayan. TMM 1 = Rp 3.809.75. (TTM adalah singkatan mata uang Turkmenistan). Jadi 500 x 3.809.75 = Rp 1.904.875,-.

Dengan jumlah seperti itu cukup lumayan untuk membeli kebutuhan bukan? Tapi yang jadi masalah adalah hampir semua Money Changer di Indonesia tidak membeli mata uang Turkmenistan. Karena warga kita memang jarang bertransaksi dengan negara Turkmenistan.

Dalam hal ini yang kita bahas adalah mata uang yang jarang digunakan untuk transaksi. Jika mata uang Dollar, Poundsterling, Yen, atau mata uang negara Asean pasti mudah untuk menukarkannya.

Menukarkan Mata Uang Turkmenistan

Sejarah uang di terbitkan adalah untuk memudahkan tukar menukar barang. Sejak ribuan tahun yang lalu, pasar sudah ada didunia ini. Mereka bertransaksi dengan cara tukar menukar barang. Tapi karena hal itu tidak efektif maka diciptakan suatu benda yang bisa digunakan untuk bertransaksi. Inilah yang disebut uang. Jadi sebenarnya Money Changer adalah tempat jual beli mata uang asing. Tapi karena terbatas mereka tidak menyediakan semua jenis mata uang.

Seperti kasus diatas, Money Changer tidak mau membeli mata uang tersebut karena mereka tidak menyediakan mata uang Turkmenistan. Karena mungkin beberapa alasan. Jumlahnya yang terlalu sedikit dan jarang transaksi.

Solusi bagi anda yang memiliki mata uang asing tapi tidak dapat ditukarkan ke money changer adalah:

  1. Cobalah jual ke bank yang ada di Indonesia, tapi mungkin tidak semua bank akan menerima uang tersebut. Karena transaksi mereka dengan negara pemilik uang sangat jarang.
  2. Barangkali ini solusi terbaik, jika jumlahnya cukup lumayan, cobalah langsung ke kedutaan pemilik uang tersebut. Biasanya mereka pasti akan membeli. Karena di negara mereka tentu saja dapat digunakan.

Yang jadi masalah adalah bagaimana jika anda jauh dari pusat kota. Serta jauh pula dengan kantor kedutaan pemilik uang tersebut. Maka cobalah menghubungi teman anda. Siapa tahu mereka dapat membantu untuk menukarkan uang tersebut ke rupaih. Dengan cara menjualnya ke keduataan pemilik mata uang tersebut. Semoga membantu.

Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *