Styrax Gum Benzoin Suppliers Kemenyan Toba

Styrax gum benzoin suppliers kemenyan Toba. Kemenyan Toba terdiri dari 2 macam. Yaitu Durame dan Haminjon. Getah pohon kemenyan dalam bahasa Inggris biasa disebut dengan Styrax Benzoin. Di berbagai tempat di Sumatera Utara banyak tumbuh kemenyan. Seperti kawasan Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan. Kemenyan yang berasal dari Tapanuli Utara dan Tengah biasanya disebut dengan Styrax Paralleloneurum. Inilah kemenyan dengan kwalitas terbaik.

Styrax Gum Benzoin Suppliers

Styrax Gum Benzoin Suppliers

Sampai saat ini para petani belum pernah mendapatkan nilai tambah dari hasil pertanian pohon kemenyan. Hampir semua hasil Styrax Gum Benzoin di export keluar negeri. Para petani kita hanya mengumpulkan kemenyan termasuk saya dan kemudian saya jual berbagai negara di dunia.

Di kawasan Sumatera Utara banyak styrax gum benzoin Suppliers atau Kemenyan Toba. Mereka hanya berdagang dan termasuk saya sendiri tidak punya kemampuan untuk menyuling atau membuat produk baru dari kemenyan.

Secara tradisional, Kemenyan atau styrax benzoin kita ketahui bahwa walaupun kemenyan di rendam dalam air atau ditanam kedalam tanah tidak akan busuk. Karena Styrax benzoin mengandung zat anti busuk.

Styrax Gum Benzoin Suppliers Kemenyan Toba Jumlah Banyak Dan Sedikit

Sebagai bahan percobaan yang paling mudah adalah: Buat 2 wadah makanan yang sama, Pada makanan yang sudah matang, Masukkan kemenyan sebesar jari kelilingking anda. Makanan pada wadah kedua jangan masukkan kemenyan. Hasilnya dalam 3-4 hari makanan yang dimasukkan kemenyan akan tetap kondisi bagus.

Saat ini kami melayani pembelian Styrax Gum Benzoin dengan jumlah banyak dan sedikit (Kiloan dan Ton). Kemenyan kami adalah kemenyan Toba dengan kwalitas terbaik. Saat ini tersedia Grade A dan Grade B. Kami dapat mengirimkan kemenyan kemana saja.
Styrax Gum Benzoin Suppliers

Kami telah melayani pembelian Styrax Gum Benzoin ke perorangan dan perusahaan. Di Negara kita saat ini tidak banyak kebutuhan kemenyan. Memang ada beberapa perusahaan yang menggunakan gum benzoin sebagai bahan baku Parfume dan obat tapi tidak cukup menampung jumlah hasil panen para petani.

Tanaman pohon kemenyan adalah tanaman keras. Sebuah pohon kemenyan dapat tumbuh dengan ketinggian 30-50 meter. Dengan ketinggian seperti itu para petani menyebut Pohon kemenyan dengan “Jalangan”. Tinggi menjulang dan lurus.

Styrax Benzoin Sumatrana Atau Kemenyan Toba

Styrax Gum Benzoin kami berasal dari hasil perkebunan kami sendiri. Saat ini kami memiliki puluhan hektar kemenyan. Selain itu kami juga membeli kemenyan dari tetangga dan saudara kami yang memiliki kebun kemenyan.

Untuk mengelola kebun kemenyan membutuhkan tenaga extra. Setiap pohon kemenyan harus di panjat, dibersihkan dari lumut, benalu dan kotoran lainnya. Yang membuat akan berat berat adalah semua pekerjaan itu harus dilakukan secara manual. Jadi jika seorang petani kemenyan memiliki pohon kemenyan 10.000 batang. Maka setiap batangnya harus di panjat.

Berkaitan dengan itu maka harga Styrax Gum Benzoin harusnya bisa disesuaikan. Artinya harga kemenyan pada tingkat petani harus dinaikkan agar para petani mau mengurus kemenyan meraka dengan baik. Pada saat ini para petani kemenyan mulai mengganti pohon kemenyan menjadi tanaman kopi atau tanaman plawija lainnya.

Memang, produsen kemenyan tidak hanya dari Negara kita. Kemenyan juga terdapat di Philipina, Laos, Vietnam, thailand dan Malaysia. Tapi kwalitas kemenyan yang paling bagus tetap dari Sumatera. Jadi jika harga kemenyan di tingkat petani tidak dinaikkan, penulis khawatir 30 tahun kedepan tidak ada lagi petani kemenyan.

Styrax Gum Benzoin Suppliers Bisa Export

Permintaan akan kemenyan khususnya dari daerah Sumatera sebenarnya mengalami peningkatan setiap tahun. Karena penggunaan kemenyan untuk berbagai jenis obat sudah mulai meng global. Permintaan terbanyak masih dari Kawasan Eropa, Timur Tengah dan Asia Selatan.

Secara umum hasil getah pohon kemenyan dikelompokkan menjadi tiga yaitu:

  • Kemenyan Grade A: Inilah kwalitas paling bagus (Warna putih kekuningan, hasil pengerasan yang terdapat dalam kulit kemenyan)
  • Grade B: Hasil yang didapatkan pada saat pohon kemenyan dibersihkan (manige) yang berupa julur (Biasa disebut dengan tahir), ukurannya lebih kecil
  • Grade C: Julur yang dipanen belum waktunya sehingga terkadang agar menghitam

Sedangkan Kemenyan jika dikelompokkan berdasarkan ukuran adalah:
Abu: Kemenyan yang sudah halus bentuknya seperti debu (tepung), didapatkan dari kemenyan yang di ayak menggunakan ayak halus
Ukuran Padi: Kemenyan di ayak menggunakan ayak yang ukuran padi
Kemenyan Ukuran Jagung: Kemenyan di ayak menggunakan ayak yang ukuran Jagung
Ukuran besar dan warna Putih kekuningan: Inilah yang biasa disebut dengan kwalitas super dan harga paling mahal

Jika anda butuh kemenyan toba atau Styrax Gum Benzoin hubungi nomor telp kami. Kami melayani pembelian dengan jumlah banyak dan sedikit.

Tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *